Laboratorium ilmu kelautan merupakan fasilitas penting dan strategis  yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk praktikum, penelitian mahasiswa untuk keperluan Tugas Akhir dan penelitian dosen untuk pengembangan keilmuan atau karya ilmiah, serta pengabdian pada masyarakat umum.
Laboratorium Ilmu Kelautan merupakan bagian dari laboratorium dalam lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

Maksud diadakannya laboratorium Ilmu kelautan adalah sebagai wadah untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu kelautan ats penerapan teori yang telah didapat, serta melakukan pengembangan keilmuan di program studi ilmu kelautan maupun program studi lainnya yang  terkait. Dengan demikian laboratorium ilmu kelautan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam tri darma perguruan tinggi.

Tujuan laboratorium ilmu kelautan adalah sebagai tempat penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengingkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu kelautan dalam rangka membantu mewujudkan visi, misi, nilai dan program studi Ilmu kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan Universitas Brawijaya.

Print Friendly